Terbelit narkoba, 80 Anggota Polri di Jateng jalani rehabilitasi

BERITA TERKINI –¬†Sebanyak 80 anggota polisi jalani rehabilitasi dan pemulihan akibat narkoba yang di Rumah Sakit Bhayangkara. Nantinya anggota yang mengikuti rehab, setelah melalui proses sidang internal Polri.

“Jadi yang berhak mengikuti rehabilitasi, dan pembinaan mereka terbukti bersalah dalam sidang internal karena tertangkap, terbukti menggunakan narkoba,” kata Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono saat diwawancara di Rumah sakit Bhayangkara, Jumat (12/10).

Lebih lanjut, pelaksanaan pembinaan dan perawatan rehabilitasi medis dilaksanakan selama dua minggu setelah itu dilakukan pembinaan fisik di Brimob Polda Jateng.

“Untuk proses rehabilitasi dan mental. Untuk fisik juga akan dibina di Satbrimob Polda Jateng biar kembali normal,” ungkapnya.

Condro menyebut untuk proses pelaksanaan pembinaan, rehabilitasi, korban narkoba, nantinya akan dijemput oleh Kapolres masing-masing.

“Mulai dari berangkat rehabilitasi, pembinaan dan nanti Kapolres wajib mendampingi sampai selesai. Ini berlaku bagi anggota yang tertangkap penyalahgunaan narkoba di Jateng oleh Polres masing-masing. Dimana rata-rata anggota terlibat pemakai narkoba,” kata Condro.

Condro menjelaskan, meminta kepada Kapolres apabila ada anggota yang terlibat narkoba untuk serahkan ke Polda Jateng. Tindakan itu dilakukan untuk mempercepat rehabilitasi.

“Secara cepat kita tangani anggota terpapar narkoba. Nantinya jika pengguna serahkan Polda Jateng untuk segera di lakukan sidang internal lanjut rehab,” jelasnya.

Kabid Propam Polda Jateng Kombes Pol Jamaludin Fatir mengatakan selama tahun 2018 pihaknya sudah melakukan proses pembinaan kepada anggota yang terlibat penyalah gunaan narkoba.

“Tahun ini ada 80 anggota, semua ada yang sudah menjalani proses Rehabilitasi. Sedangkan untuk anggota yang masih menjalani proses pidana di Lembaga Pemasyarakatan dilakukan sama setelah bebas nanti,” kata Jamaludin.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *