Begini komentar Trump soal gempa dan tsunami di Palu

BERITA TERKINI –┬áPresiden Amerika Serikat Donald Trump menyampaikan belasungkawa kepada Indonesia setelah gempa bumi dan tsunami dahsyat yang menewaskan ribuan orang di Palu, Donggala dan beberapa wilayah lain di Provinsi Sulawesi Tengah Jumat lalu.

Trump mengatakan kepada wartawan selama konferensi pers di Rose Garden, Gedung Putih bahwa ia “telah mengirim para responden pertama, militer dan yang lain” untuk membantu pascabencana yang ia sebut sebagai “situasi yang benar-benar buruk,” demikian dilansir AP, seperti dikutip dari The Washington Post (2/10).

Trump juga mengatakan dia akan menghubungi Presiden Joko Widodo terkait hal tersebut.

Ia juga menekankan sifat merusak dari tsunami, mengutip seorang temannya yang menekuni ilmu kebencanaan.

Trump, mengutip temannya itu, mengatakan, “Anda melihat tornado, angin topan, Anda melihat semua bencana alam yang berbeda … Dia mengatakan bahwa tsunami adalah yang terburuk dari semuanya dan Sulawesi Tengah dihantam sangat keras.”

Merespons komentar Trump, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) menjelaskan Indonesia menolak tawaran bantuan dari Trump, terutama terkait kapal RS yang menurut JK akan dikirim oleh AS ke Sulawesi.

“Enggak, kita tidak terima itu. Mereka minta mau kirim RS, kapal RS, cukup kita,” kata JK di Kantornya, Jalan Merdeka Utara, Selasa 2 Oktober 2018.

JK menjelaskan, bantuan kapal RS tidak efisien bagi korban bencana gempa dan tsunami. Terlihat saat bencana di Aceh, kapal RS hanya lima pasien yang menggunakan. “Pengalaman di Aceh dulu, yang mau naik kapal RS itu hanya 5 pasien,” kata JK.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *